Selamat Datang Kawan dan Terima Kasih atas Kunjungannya

Minggu, 08 Maret 2020

Jendela Kayu Sulit Di Buka Saat Hujan ?

Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda akibat dari kenaikan suhu. Penyusutan adalah berkurangnya ukuran suatu benda akibat dari penurunan suhu. Kenaikan dan penurunan suhu ini dipengaruhi oleh energi panas di sekitar benda tersebut.
Semua zat akan mengalami pemuaian dan penyusutan jika mengalami perubahan suhu. 
Saat musim hujan, material kayu akan memuai. Sebaliknya, saat musim panas, kayu dapat mengalami penyusutan.
Ketika musim hujan tiba, kandungan air dalam material kayu angka meningkat. Kondisi udara yang basah dan lembab ini membuat material kayu mengembang kembali seperti bentuk awal.
Makanya, tidak heran kalau kamu kesulitan untuk membuka atau menutup pintu. Termasuk jendela kayu. Biasanya, setelah beberapa kali pergantian musim hujan dan musim panas, material kayu bisa menjadi normal.
Pada saat pergantian musim, selalu terjadi proses pemuaian dan penyusutan. Sebenarnya, ada ukuran standar kandungan air dalam material kayu yang harus dipenuhi agar proses pemuaian dan penyusutan bisa diterima.
Umumnya, kandungan air yang dapat diserap sekitar 12 persen, tentunya kondisi material kayu dalam keadaan kering. Pemuaian luas adalah pertambahan ukuran luas suatu benda karena menerima kalor/panas. Pemuaian luas terjadi pada benda yang mempunyai ukuran panjang dan lebar, sedangkan tebalnya sangat kecil dan dianggap tidak ada. Jendela kaca rumah merupakan Pemuaian luas.  Pada suatu udara dingin kaca munyusut karena koefisien muai kaca lebih besar dari pada koefisien muai kayu. Jika suhu meningkat maka kaca akan memuai lebih besar daripada kayu kusen sehingga kaca akan terlihat terpasang dengan rapat pada kusen kayu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar